Bruce Lee Untuk Arsenal

Ilmu dan pengalaman adalah modal untuk terus menantang kerasnya kehidupan. Kekalahan, cidera, kekecewaan adalah contoh derasnya ombak cobaan. Mari melihat diri sendiri dan belajar dari dunia.

Menu baru dari @syaamrizal

Sudah beberapa hari sejak kekalahan di kandang Chelsea dan masih ada beberapa fans yang masih mencibir Diego Costa dan Mike Dean. Saya tidak akan menyalahkan karena “mencibir adalah hak”. Namun, bagi saya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan ketimbang sekadar mencibir. Arsenal memang tidak bermain baik sebelum Gabriel Paulista mendapat kartu merah. Kekalahan memang mengecewakan, baik bagi pemain, pelatih, staf dan terutama bagi fans.

Bruce Lee pernah berkata begini, “Empty your cup, so that it may be filled”. Kosongkan cangkirmu supaya bisa diisi.

Semua pihak, baik pemain, pelatih, dan staf harus bisa “mengosongkan pikiran” dari kekacaun di akhir pekan. Hilangkan semua beban dan tekanan dari pikiran, kemudian isi dengan hal positif. Bagi fans ini penting. Mau sampai kapan teriak mengecam Diego Costa dan Chelsea? Ayolah, kosongkan hati kalian dan mulai isi dengan semangat yang baru. Isi dengan teriakan chants yang lebih keras dari sebelumnya. Isi dengan dukungan terus-menerus kepada setiap pemain.

Memang, pertandingan melawan Chelsea tidak hanya memberi kekalahan semata. Arsenal tidak akan dapat memainkan Santi Cazorla dan Gabriel karena hukuman kartu merah. Ditambah lagi, Francis Coquelin sempat dikabarkan harus absen di sejumlah pertandingan karena cidera lutut (kabar terakhir menyebutkan tidak ada cidera parah).  Memainkan Mikel Arteta dan Mathieu Flamini tentu akan melahirkan kecemasan bagi fans. Keduanya tidak mendapatkan jumlah laga yang ideal, belum lagi bila melihat faktor umur dan konsistensi. Kembali, tudingan akan menuju ke arah Arsene Wenger yang tidak membeli gelandang bertahan di musim panas yang lalu.

Namun, Bruce Lee mengajarkan,  “Our grand business is not to see what lies dimly at distance, but to do what lies clearly at hand”.

Tidak penting memperdebatkan “siapa” pengganti Cazorla atau Coquelin. Lebih penting untuk fokus “bagaimana” menggantikan kedua pemain tersebut. Sikap Wenger untuk tidak mendatangkan DMF baru akan diuji dalam beberapa pertandingan ke depan. Setidaknya, Wenger pasti tahu dengan konsekuensi pilihannya. Jangan salahkan keadaan, berikan kepercayaan kepada amunisi yang ada.

Well, kekalahan kemarin memang melahirkan kesulitan yang lebih besar bagi Arsenal. Menyikapi dengan amarah pun boleh saja, asalkan kita tahu batasan “level elegan”.

Bruce Lee berkata, “A quick temper will make a fool of you soon enough”. Terkungkung di dalam cacian akan membuatmu terlihat bodoh. “Learning is constant process without end

Supaya tidak terlihat bodoh, jangan berhenti belajar dari beragam keadaan. Kemenangan dan kekalahan adalah sarana belajar yang ideal tentang kehidupan. Jangan hanya hembuskan teriakan kosong dan justru mempertontonkan kebodohan.

 “The change is from inner to outer. We start by dissolving our attitude not by altering outer condition” Perubahan dimulai dari dalam diri, ungkap Bruce Lee.

Mulai dengan memperbaiki sikap, bukan dengan “buta” mengubah kondisi di luar kita. Bagi pemain, wejangan ini penting. Dua kali kekalahan beruntun dari Dinamo Zagreb dan Chelsea mengindikasikan ada sesuatu yang salah. Untuk memperbaikinya, ya mulai dari dalam diri. Ingat dengan attitude yang Alexis Sanchez tunjukkan ketika Arsenal ditekuk West Ham di laga perdana BPL musim ini? Bentuk perbaikan dari dalam diri merupakan usaha mempertajam performa, terutama di atas lapangan dan aspek mental. Setelah perbaikan dari dalam diri berjalan ideal, baru kita dapat memperbaiki situasi eksternal, misalnya isu taktikal.

Ketika semua pemain menyardari kesalahan dan mengubah sikap, tinggal tugas kita sebagai fans untuk terus mendukung dan berdoa.

Bruce Lee memberikan bekal yang indah untuk Gooners: “Do not pray for an easy life, pray for the strength to endure a difficult one” Jangan berdoa minta “hidup yang mudah”, tapi minta segunung kekuatan untuk mengatasi kesulitan.

Kondisi Arsenal saat ini cukup berat. Namun, jangan pernah berdoa supaya Arsenal diberi “sebatas” kemudahan. Malam ini, pejamkan mata, bersujud, dan mulai berdoa supaya Arsenal mendapatkan hidayah dan kekuatan untuk menebalkan mental, untuk mengatasi riak dan ombak kompetisi musim ini.

Berdoa mulai….

#COYG

Comments

2 thoughts on “Bruce Lee Untuk Arsenal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *