arsenal Houssem Aouar partey aubameyang lacazette ozil

Arsenal bisa membeli Houssem Aouar jika menjual 3 pemain ini

Kalau memang narasi kepindahan Houssem Aouar ke Liga Inggris menjadi kenyataan, Arsenal tentu tidak boleh melewatkannya. Namun dengan satu catatan, Thomas Partey masih masuk ke dalam rencana transfer musim depan.

Tak bisa dimungkiri kalau Houssem Aouar memang salah satu penampil terbaik di Ligue 1 musim ini. Rencana penjualan yang konon sudah diumumkan oleh Lyon membuat banyak klub tertarik, atau setidaknya dihubung-hubungkan. Kualitas, performa sedang bagus, dipadukan dengan kekuatan uang Liga Inggris. Pas.

Selain Arsenal, ada nama Liverpool, hingga Manchester City. Masuk akal jika Liverpool dan City masuk ke dalam rumor ini. Keduanya akan (segera) membutuhkan gelandang sentral yang bisa bermain di banyak posisi dengan kualitas yang sudah terbukti.

Kalau sudah membicarakan soal harga, kans Arsenal untuk mendapatkan Houssem Aouar sepertinya memang kecil. Well, namun karena musim lalu, secara tiba-tiba, Nicholas Pepe berhasil dibeli, saya tidak akan jatuh ke jurang pesimis begitu saja. Namun, meski dari sisi keuangan masih bisa diharapkan, ada syarat yang perlu dilakukan The Gunners.

Syarat yang saya maksud adalah Arsenal harus melepas 3 pemain demi mengakomodasi Houssem Aouar di dalam skuat. Siapa saja mereka? Simak.

Lacazette

Untuk satu nama ini, kita semua sudah tahu kalau akan dilibatkan dalam proses transfer Thomas Partey. Nah, jika akhirnya gagal dan Arsenal masih ingin membeli Houssem Aouar, Lacazette tetap harus dijual. Kenapa?

Sesuai laporan analisis pemain yang saya terima, posisi terbaik Houssem Aouar adalah gelandang kiri. Di sana, pemain asal Prancis ini bisa memaksimalkan semua kelebihannya, antara lain, dribbling, 1 vs 1, umpan-umpan diagonal, dan penetrasi ke kotak penalti. Dari sisi kiri pula, rata-rata keberhasilan serangan balik Lyon cukup tinggi.

Jika membeli Houssem Aouar, Arsenal bisa mengembalikan Aubameyang ke posisi terbaiknya: CF. Sudah sangat jelas, kan, alasannya?

Lucas Torreira

Ingat, seperti yang saya katakan di awal tulisan, Houssem Aouar boleh datang, tetapi Arsenal tidak boleh melepaskan Thomas Partey. Karena bagi saya sendiri, keberhasilan membeli Partey punya makna lebih besar untuk saat ini. Bukan lantas karena Houssem Aouar adalah pemain yang kurang baik, tetapi karena kebutuhkan keseimbangan klub semata.

Oleh sebab itu, ada pemain yang harus dikorbankan, demi ketersediaan tempat dan slot gaji. Menurut saya, meskipun sayang juga, Lucas Torreira, harus dijual.

Jika bermain dengan skema 4-2-3-1, dua pivot sudah pasti milik Xhaka dan Partey. Sementara itu, sisi kiri akan ditempati Houssem Aouar sedangkan Aubameyang naik ke pos CF. Sisi kanan menjadi jatah Pepe dan Reiss Nelson. Tidak ada ruang lega lagi untuk Torreira karena pos #10 sudah pasti milik Mesut Ozil.

Pun kita tahu Torreira tidak bisa dipaksakan bermain di pos #10. Terima kasih kepada Unai Emery karena sudah melakukan uji coba dan berujung gagal. Sekali lagi, Torreira pemain bagus. Namun, jika aka nada yang datang, hanya Torreira yang bisa dikorbankan. Tentu saja kita bicara konteks tim utama, ya. Tidak ada masa depan untuk Mo Elneny di sini.

Arsenal jual Mesut Ozil?

Apakah Arsenal akhirnya bisa menjual Mesut Ozil? Dua hal yang bikin susah menjual Ozil adalah perkara tingginya gaji dan inkonsistensi. Tentu aneh ada klub yang mau bayar mahal untuk pemain yang tidak konsisten.

Nah, apakah Arsenal bisa menjual Ozil demi Houssem Aouar? Kalau hanya melihatnya dari sisi kebutuhan taktik, sih, sangat masuk akal. Ketimbang bermain dengan skema 4-2-3-1, mungkin, Houssem Aouar akan lebih cocok dalam skema 4-3-3. Aouar bisa ditempatkan sebagai gelandang kiri dalam format 1 (DM) dan 2 (#8/CM).

Bermain dengan tiga gelandang memberi Mikel Arteta kelenturan menentukan komposisi gelandang. Thomas Partey sebagai DM/#6 dengan Xhaka atau Torreira di kanan. Sementara itu, di kiri akan diisi Houssem Aouar. Kesempatan bermain bagi pemain muda seperti Joe Willock atau Emile Smith Rowe akan bertambah.

Namun, kembali ke satu pekerjaan penting: menjual Ozil. Yang mana bukan urusan mudah. Bahkan meski akan dilepas dengan mode pinjaman.

Itulah 3 pemain yang, mungkin, bisa dijual Arsenal untuk mengakomodasi Houssem Aouar. Tentu saja ini hanya perkiraan saja karena rumor Houssem Aouar ke Arsenal baru sekadar hangat saja.

BACA JUGA New Normal: Tentang Barter Lacazette-Partey dan Masa Depan Streaming Ilegal atau tulisan lainnya dari Yamadipati Seno.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *